Pengertian, sejarah, manfaat jaringan komputer

Maret 19, 2018



PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer merupakan suatu jaringan telekomunikasi yang dapat membuat dua komputer atau lebih saling berkomunikasi dengan bertukar data, aplikasi dan perangkat lunak lainnya. Pengertian jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan dari sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer maupun lebih yang saling terhubung.
Tujuan dibentuknya jaringan komputer adalah supaya data atau informasi yang dibawa oleh pengirim dapat sampai ke penerima dengan cepat, tepat dan akurat. Jaringan komputer memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan komunikasi satu dengan yang lainnya menjadi mudah.
Selain hal tersebut, peran jaringan komputer juga sangat diperukan untuk mengintegrasikan data antar komputer yang ain sehingga diperoleh suatu data yang sangat relevan.

SEJARAH JARINGAN KOMPUTER

Sejarah singkat jaringan komputer berawal dari kelahiran konsep jaringan komputer pada tahun 1940 di negara Amerika yang dibuat oleh sebuah proyek pengembangan komputer model 1 di Universitas Harvard. Penelitian tersebut dipimpin oleh profesor Howard Aiken.
Pada awal mula penelitian, tujuannya hanya untuk memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang digunakan bersamaan untuk mengerjakan beberapa proses tanpa wasting time. Pada tahun 1950 pada saat jenis komputer mulai berkembang dengan cukup pesat sampai tercipta super komputer, maka komputer harus berguna untuk melayani beberapa tempat yang ada.
Dengan hal tersebut, untuk pertama kalinya jaringan komputer digunakan. Pada awal penemuan jaringan komputer para profesor mengembangkan sendiri sendiri hingga pemerintah Amerika membentuk organisasi untuk melakukan sebuah penelitian agar beberapa komputer membentuk suatu jaringan. Program tersebut berhasil dan dinamakan ARPANET. Seiring berjalannya waktu jaringan komputer berkembang dengan cepat dan banyak negara yang menirunya.

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer mempunyai beberapa manfaat bagi orang yang memakainya. Manfaat tersebut adalah:
  1. Berguna untuk mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah disebarluaskan menggunakan bantuan dari jaringan internet.
  2. Berguna untuk melakukan proses pengiriman data secara efisien dan cepat.
  3. Berguna untuk membantu seseorang berhubungan dengan orang lain baik itu dari daerah satu dengan daerah lain atau bahkan dari negara satu dengan negara lain.
  4. Dapat mengirim data berupa teks, lagu, gambar ataupun video secara langsung.
  5. Berguna untuk mengakses berita maupun informasi yang didukung dengan adanya jaringan internet.
  6. Berguna untuk menghubungkan beberapa komputer agar tersambung dengan satu printer saja guna mempermudah anda dalam menyelesaikan pekerjaan.




You Might Also Like

0 komentar